Ezpeleta: Tahun 2013 Valentino Akan Naik Motor Kompetitif
Sosok Carmelo Ezpeleta saat ini terus menjadi sorotan. CEO Dorna itu dianggap sebagai orang yang “paling bertanggung jawab” atas kondisi MotoGP saat ini. Sementara pria berkaca mata itu tetap tenang.
“Kami bekerja untuk memastikan bahwa kami dapat membuat mesin yang lebih kompetitif dalam waktu dekat. Sama seperti Formula 1, di Valencia mereka memperdebatkan bagaimana mengurangi biaya, demikian pula di MotoGP kami akan menemukan solusi yang tepat dengan produsen yang terlibat dalam kejuaraan,” ungkap Ezpeleta dalam sebuah wawancara yang dirilis oleh OmniCorse.
Kategori CRT (Claiming Rule Teams) yang mulai diberlakukan pada musim 2012 ini banyak menuai kritik karena motor-motor dari kategori itu masih sangat jauh dari kata kompetitif. Namun, seperti yang sudah-sudah, Carmelo tak gentar dengan komentar miring terhadap CRT.
“Itu tidak mengejutkan saya, karena Moto2 dan Moto3 yang kurang ditoleransi oleh paddock MotoGP, telah mendapat perhatian dari penggemar. Kami harus menemukan formula yang tepat untuk mengendalikan biaya dan mempromosikan pertunjukan. CRT memiliki kebaikan memperluas grid untuk 22 motor, sebaliknya jika saya mendengarkan pabrikan hanya akan ada sepuluh pesaing.”
“Masalahnya adalah harga untuk bermain satu musim di MotoGP: sebuah tim bisa masuk ke kejuaraan sepeda motor dengan sebuah CRT 1 juta Euro dan pada akhir musim mereka adalah pemilik kendaraan, sementara mereka yang di MotoGP (berstatus) menyewa harus mengeluarkan uang dua atau tiga juta dan tidak mendapatkan manfaat apa-apa, karena pada akhir musim semua harus dikembalikan.”
Keberadaan CRT juga menurutnya telah membuat pabrikan seperti Honda tertarik untuk membuat motor untuk costumer teams. Ia juga tetap yakin CRT merupakan masa depan MotoGP.
“Anda harus memastikan bahwa biaya motor berkurang untuk tim satelit: ini adalah jalan yang kami ambil dan saya yakin kami akan menemukan cara yang tepat. Sekarang Honda akan segera bergerak memasarkan motor untuk costumer teams. Ini adalah langkah yang dimungkinkan karena CRT.”
Dengan rasa percaya diri yang kuat, Ezpeleta lebih jauh juga tidak khawatir CRT akan bersinggungan dengan kejuaraan Superbike yang saat ini popularitasnya kian meningkat sejalan dengan penurunan pamor MotoGP.
“Jangan selalu membuat perbandingan dengan Superbike. Ada ruang untuk dua liga yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda. Motor mereka secara konseptual harus tetap sebagai standar dan prototipe MotoGP merupakan ekspresi maksimum sepeda motor.”
Keyakinan lain adalah tentang akan datangnya beberapa produsen ke MotoGP setelah seri ini kini hanya dihuni oleh tiga pabrikan: Honda, Ducati dan Yamaha.
“Saya tidak terkejut sama sekali atas situasi ini: produsen mana yang mungkin tertarik untuk bergabung dengan MotoGP tanpa kepastian aturan dan stabilitas peraturan? Kami bekerja ke arah ini dan saya yakin Anda akan menemukan kesepakatan dengan produsen saat berhasil menghidupkan seri.”
“Percayalah, kami sedang berbicara dengan banyak orang yang akan bersedia untuk mengambil langkah. Lebih banyak dari yang Anda pikirkan, namun beberapa merek tidak baru: kami sedang berbicara dengan Suzuki, Aprilia dan BMW, dan beberapa nama lainnya.”
Selain masalah regulasi, saat ini MotoGP sedang mengalami situasi yang tidak terlalu menguntungkan: Casey Stoner akan meninggalkan kejuaraan di akhir tahun, sementara Valentino Rossi bersama Ducati belum mampu bersaing di barisan depan.
“Saya tenang. Valentino tahun depan akan naik motor yang kompetitif, tapi saya tidak dapat memberitahu Anda apa itu. Ini masih terlalu dini untuk berbicara bahwa: pada tahun 2013 kita akan melihat Rossi berjuang untuk menang …lagi.”
Apa yang dimaksud oleh Ezpeleta? Mungkinkah Dorna telah menggunakan power-nya untuk “memaksa” Honda atau Yamaha memberi tempat untuk The Doctor?
gp-mania
0 comments:
Speak up your mind
Tell us what you're thinking... !